Sebelum Pilih COD, Pertimbangkan Dulu 6 Hal Penting Ini

Sebelum Pilih COD, Pertimbangkan Dulu 6 Hal Penting Ini

COD (Cash on Delivery) merupakan metode pembayaran yang memungkinkan pihak pembeli untuk melakukan pembayaran barang saat barang sudah sampai di tujuan pengiriman. Bagi orang yang tidak menabung di bank atau uangnya di rekening sedang menipis, cara ini terbilang lebih praktis. Sebelum memilih metode pembayaran COD, baiknya Anda pertimbangkan dulu 6 hal ini.

1. Tersedianya Opsi COD pada Jasa Pengiriman Barang Tercepat

Jika Anda merupakan pihak penjual yang sudah memiliki rekanan jasa pengiriman barang sendiri, baiknya pastikan dulu apakah jasa pengiriman barang tercepat itu menyediakan opsi pengiriman barang dengan metode pembayaran COD. Jika memang tersedia, tanyakan sekaligus sejauh mana jangkauan layanan COD dari jasa pengiriman barang tersebut.

Kehadiran metode pembayaran COD memang memungkinkan penjual untuk meningkatkan target konsumennya. Namun, patut dipahami bahwa tidak semua jasa pengiriman barang melayani COD, serta tidak semua wilayah sudah masuk ke dalam jangkauan layanan pengiriman berbasis COD tersebut. Jadi, daripada nantinya pembeli kecewa, pastikan lagi ketersediaan opsi COD tersebut.

2. Adanya Penambahan Biaya Pengiriman

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih metode pembayaran COD saat akan membeli barang adalah biaya tambahan yang dibebankan untuk pengiriman barang tersebut. Biaya tambahan ini biasanya disesuaikan dengan harga barang yang dikirimkan, sehingga bisa saja biaya tambahan ini hanya ratusan perak saja, namun ada juga yang mencapai puluhan ribu.

Jika memang biaya tambahan pengiriman memang tidak begitu besar, Anda mungkin tidak perlu memusingkannya. Namun, jika biaya tambahan pengirimannya terbilang cukup besar, Anda bisa pertimbangkan lagi untuk memilih metode pembayaran COD tersebut atau tidak. Anda bisa pilih opsi pembayaran langsung saja, untuk menghindari biaya tambahan pengiriman tersebut.

3. Potensi Terjadinya Penipuan oleh Oknum Pedagang

Tidak bisa dipungkiri kalau kehadiran metode pembayaran COD dimanfaatkan oleh oknum-oknum penjual nakal untuk melakukan penipuan. Salah satu bentuk penipuan yang kerap dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran COD ini adalah pengiriman barang pada seseorang, padahal orang tersebut tidak pernah melakukan pembelian di toko tersebut.

Meskipun ada sebagian orang yang teliti dan memutuskan menolak untuk membayar, namun ada juga orang-orang yang termakan dengan taktik tersebut. Apalagi jika barang yang dikirim ditujukan pada salah satu anggota keluarga yang kebetulan sedang tidak berada di tempat, membuat orang yang menerima langsung saja melakukan pembayaran pada kurir.

4. Potensi Penolakan Paket Barang yang Lebih Besar

Kehadiran metode pembayaran COD oleh jasa pengiriman barang tercepat, juga memperbesar potensi penolakan paket berisikan barang tersebut. Tidak hanya dikarenakan barang yang dikirim tidak sesuai, namun penolakan barang bisa disebabkan karena tidak adanya uang untuk melakukan pembayaran atas paket barang tersebut.

Bagi para penjual yang sudah sungguh-sungguh mengemas barangnya dan melakukan pengiriman, tentu hal ini akan bisa merugikannya. Mengemas barang tentu membutuhkan waktu dan bahan-bahan pengemasan, di mana saat paket barang dikembalikan, tentu paket barang harus dibongkar kembali. Jadi, baiknya pertimbangkan dengan matang untuk menghadirkan opsi ini.

5. Aturan Pembatalan dan Penolakan Paket Barang COD

Bagi Anda yang ingin memilih metode pembayaran COD saat membeli barang di marketplace, baiknya pahami dengan benar aturan pembatalan dan penolakan paket barang COD tersebut. Beberapa marketplace menerapkan pembatasan pemilihan metode pembayaran COD untuk jangka waktu tertentu, sekiranya Anda melakukan beberapa kali penolakan atau pembatalan COD.

Jika masih ingin tetap menggunakan metode pembayaran COD ke depannya, bijaksanalah dalam memutuskan ingin melakukan pengiriman melalui layanan pengiriman yang mana. Jangan nantinya karena alasan sepele tidak punya uang saat kurir datang mengantarkan barang, Anda jadinya tidak bisa lagi untuk sementara waktu menggunakan metode pembayaran COD ini.

6. Keberadaan Anda di Lokasi Destinasi Pengiriman

Mengingat nantinya biaya beli barang dan biaya pengiriman akan diberikan saat kurir jasa pengiriman barang tercepat datang ke tempat Anda, sebaiknya Anda sudah siap di lokasi dan telah menyediakan uang yang cukup dan pas untuk melakukan pembayaran. Dengan begini, maka pembayaran dan penerimaan barang bisa berlangsung dengan cepat dan lancar.

Pun jika Anda tidak bisa berada di tempat saat kurir kemungkinan datang ke rumah, Anda bisa titipkan uang pembayaran pada salah satu anggota keluarga yang berada di rumah ataupun menginstruksikan pada kurir untuk mengambil uangnya di tempat yang sudah disediakan sebelumnya. Hindarilah mempersulit pengantaran barang karena ketiadaan Anda di lokasi saat barang dikirimkan.

Metode COD akan jadi metode pembayaran yang memudahkan, jika memang dipergunakan dengan sebagaimana mestinya. Makanya, sebelum memilih metode ini, baik untuk penjual maupun pembeli, pastikan Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari metode pembayaran ini. Untuk jasa pengiriman barang tercepat dengan sistem COD sendiri, Anda bisa pilih posaja.co.id.

admin

admin