5 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Untuk Anak, Penuhi Kebutuhan Nutrisinya!

5 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Untuk Anak, Penuhi Kebutuhan Nutrisinya!

Moms bingung memilih menu sarapan sehat untuk anak? Sarapan adalah waktu makan penting yang tidak boleh terewatkan. Terutama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Maka dari itu, penting untuk memberikan Si Kecil makanan terbaik guna memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Nah, biar anak tetap sehat dan bersemangat saat ia kembali dari sekolah, pastikan Moms menyiapkan makanan sehat dengan gizi tinggi sebagai pilihan menu sarapannya. Nah, kira-kira apa saja menu sarapan sehat untuk anak yang dapat dijadikan sebagai pilihan?

Rekomendasi Pilihan Menu Sarapan Sehat untuk Anak

1. Susu

Susu yang merupakan sumber protein, kalium, kalsium dan vitamin D terbaik, sehingga menjadikannya menu sarapan yang tak boleh dilewatkan untuk Si Kecil. Semua nutrisi tersebut penting dan dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Dengan terpenuhi kebutuhan kalsium, protein dan vitamin, anak jadi memiliki cukup “bahan bakar” termasuk untuk perkembangan jaringan otak. Kalsium juga penting untuk membantu perkembangan tulang. Kalsium membuat tulang menjadi lebih padat dan tidak mudah keropos.

2. Oatmeal

Oatmeal, salah satu menu sarapan andalan para Moms. Cara membuatnya cukup praktis dan rasanya juga lezat. Selain lezat, oatmeal kaya akan serat dan protein, tetapi rendah akan lemak dan diperkaya juga diperkaya dengan berbagai nutrisi penting lainnya. Kandungan penting juga ada dalam menu satu ini, seperti zat besi, seng, dan magnesium dalam jumlah yang tinggi.

Oatmeal memiliki rasa tawar sehingga mudah dipadukan dengan topping buah-buahan seperti pisang atau strawberry, kacang-kacangan juga madu dan susu. Topping-nya dapat disesuaikan dengan selera si kecil.

3. Sayur dan Buah

Rutin mengonsumsi sayuran dan buah telah terbukti baik untuk menjaga kesehatan baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu sayuran hijau yang mengandung tinggi zat besi yaitu bayam.

Zat besi berperan penting dalam menghasilkan komponen sel darah merah yang dikenal dengan sebutan haemoglobin. Haemoglobin berperan aktif dalam mengedarkan oksigen keseluruh organ dan jaringan tubuh. Anak yang memiliki cukup zat besi akan terhindar dari serangan anemia atau kurang darah merah.

Selain zat besi, bayam juga banyak mengandung omega 3 yang baik jika dikonsumsi yaitu dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA yang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Anak yang rutin mengonsumsi ikan terutama salmon, kemampuan mengingat dan memori cenderung yang lebih tajam.

5. Telur dan Kacang-Kacangan

Kandungan kolin yang terdapat dalam setiap butir telur dapat menunjang perkembangan sel-sel batang memori pada otak sehingga bisa berdampak baik bagi kecerdasannya. Kandungan kolin juga ditemukan pada berbagai jenis kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi kolin, produksi sel induk memori menjadi meningkat yang berarti juga meningkatkan fungsi serta kemampuan berpikir anak.

Itulah 5 rekomendasi menu sarapan sehat untuk anak terutama untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya!

admin

admin