4 Nutrisi Perkembangan Otak yang Sangat Mendukung Kecerdasan Anak

4 Nutrisi Perkembangan Otak yang Sangat Mendukung Kecerdasan Anak

Untuk mendukung perkembangan otak anak, Anda tentu harus memberikan nutr yang tepat. Bukan saja pada saat masa perkembangannya, tetapi juga dimulai dari kehamilan.

Sebab, organ otak merupakan salah satu bagian tubuh yang pertama kali berkembanng. Sehingga perlu diberikan asupan yang tepat, agar dari awal sudah mengalami pertumbuhan yang optimal.

Lalu nutrisi apa sajakah yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang otak anak sejak janin? Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca berbagai kebutuhan gizi yang harus terpenuhi untuk memastikan agar otak berkembang dengan baik.

Nutrisi Perkembangan Otak

Perkembangan otak menjadi salah satu faktor penentu apakah pertumbuhan kognitif dan motorik anak dapat mencapai standar ideal atau tidak. Sebab organ tubuh tersebut merupakan bagian yang mengaturnya.

Semakin optimal perkembangan otak maka keterampilan dan pengetahuan anak pun semakin terekonstruksi dengan baik. Untuk itu perlu diberikan asupan nutrisi agar prosesnya berlangsung dengan optimal.

Vitamin B9 atau Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu vitamin yang selalu diberikan oleh bidan atau dokter kandungan pada ibu yang merencanakan kehamilan dan yang sedang hamil. Sebab fungsinya sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang otak janin.

Jumlah asam folat yang tidak mencukupi di dalam tubuh ibu tentu saja akan mempengaruhi perkembangan otak janin. Selain itu meningkatkan potensi cacat tabung bifida yang akan berdampak jangka panjang.

Otot merupakan organ tubuh manusia yang sudah berkembang ketika masih dalam bentuk janin. Karenanya harus didukung dengan pemberian asupan yang sesuai dengan kebutuhan.

Prebiotik dan Probiotik

Kedua nutrisi ini memang tidak memberikan dampak secara langsung pada perkembangan otak. Namun keberadaannya dalam jumlah yang cukup di usus akan membantu menjaga kesehatan.

Sebab semakin sehat saluran cerna maka ia akan semakin mampu melakukan penyerapan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan secara optimal. Sehingga kebutuhan gizi untuk mendukung otak akan semakin baik.

Vitamin E

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu pula ia mampu menjaga proses stres oksidatif yang terjadi pada otak. Karena organ ini sangat rentan terhadap aktivitas tersebut.

Asam Lemak Omega 3 dan 6

Asam lemak omega 3 dan 6 juga merupakan nutrisi otak yang sangat baik. Mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung perkembangan serta menjaga kesehatannya.

Asam lemak ini dapat membantu untuk membangun membran sel otak sehingga berkembang secara optimal. Selain itu juga mempunyai efek antioksidan serta anti inflamasi yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari proses peradangan.

Dengan demikian jika anda kekurangan kedua nutrisi ini maka berpotensi terjadinya penurunan fungsi kognitif. Tentu saja hal ini harus dihindari karena dapat menghambat proses perkembangan kecerdasan serta kemampuan memahami keterampilan baru.

Karenanya Anda bisa memberikan nutrisi yang mendukung perkembangan otak sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

admin

admin